Malaria

Malaria

Malaria adalah sejenis penyakit yang umumnya ditularkan melalui nyamuk Anopheles betina yang terpapar protozoa parasit, yaitu sekelompok mikroorganisme bersel tunggal. Malaria dapat menyebabkan gejala seperti demam, sakit kepala, muntah, dan kelelahan. Beberapa kasus malaria parah, memungkinkan terjadinya perubahan warna kulit yang menguning, kejang, koma, hingga kematian. Umumnya gejala-gejala tersebut akan timbul pada hari ke 10 hingga 15 setelah digigit nyamuk tersebut. Pada mereka yang baru selamat dari infeksi, infeksi ulang biasanya menyebabkan gejala ringan. Namun jika tidak di obati kemungkinan besar penyakit ini akan kambuh kembali dalam beberapa bulan kemudian.

Nyamuk Anopheles betina menggigit manusia bersamaan dengan memasukkan parasit dari air liur nyamuk ke dalam darah manusia. Setelah itu parasit bergerak ke hati dan memungkinkan bereproduksi. 5 spesies Plasmodium dapat menginfeksi dan disebarkan oleh manusia. Malaria dapat di diagnosis dengan pemeriksaan mikroskopis darah menggunakan film darah ataupun dengan uji diagnostik cepat berdasarkan antigen.

Penyakit malaria tersebar luas di daerah tropis dan subtropis seperti Afrika Sub-Sahara, Asia, dan Amerika Latin. Pada 2015, tercatat 214 juta kasus malaria di seluruh dunia yang mengakibatkan kematian pada sekitar 438.000 jiwa, dimana sebagian besar atau sekitar 90% terjadi di benua Afrika.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel