Serangan Jantung

Serangan Jantung

Serangan Jantung adalah sebuah keadaan ketika terhentinya aliran darah, walau hanya sesaat yang menuju ke jantung yang berakibat matinya sebagian sel pada jantung. Sebagian besar keadaan tersebut diakibatkan oleh penyumbatan pembuluh darah.

Serangan jantung pada umumnya disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Ketika seseorang mengidap penyakit jantung koroner, pada bagian dalam arteri jantung terbentuk plak sejenis lilin atau disebut atherosclerosis. Plak yang terbentuk dari kolesterol serta sel-sel lainnya ini akan meningkat jumlahnya secara perlahan yang membuat bagian dalam pembuluh darah menyempit dan dapat mengakibatkan darah menumpuk di depan plak hingga terjadinya penggumpalan. Serangan jantung terjadi ketika penggumpalan tersebut pecah dan tersendat di bagian pembuluh darah yang menyempit.

Sebagian besar penderita jantung koroner yang dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung dikarenakan oleh perilaku dan gaya hidup mereka, seperti memakan makanan yang tak sehat, merokok dan terlalu banyak minum alkohol, dan lainnya. Nama lainnya dari serangan jantung adalah infark miokardial atau dalam bahasa inggris dinamakan Myocardial infarction, acute myocardial infarction, MI, atau AMI.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel