Influenza

Influenza

Influenza atau lebih familiar dengan sebutan flu adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari familia Orthomyxoviridae. Selain menyerang manusia flu yang juga banyak menyerang unggas dan mamalia. Umumnya orang menganggap Influenza adalah Salesma, namun sebetulnya Influenza merupakan penyakit yang lebih berbahaya dari pada salesma yang disebabkan oleh virus yang berbeda dengan virus influenza.

Adapun gejala yang umumnya di timbulkan akibat dari terkena penyakit influenza, antara lain:
  • Demam,
  • Menggigil,
  • Batuk,
  • Nyeri tenggorokan,
  • Nyeri otot,
  • Sakit kepala berat,
  • Kelemahan,
  • Dan mungkin lainnya.

Umumnya penyakit influenza menular melalui percikan air liur penderita ketika batuk atau bersin di udara. Selain itu virus yang dapat diinaktivasi oleh sinar matahari, disinfektan, dan deterjen ini juga dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan tinja burung atau ingus, maupun melalui kontak dengan permukaan yang telah terkontaminasi. Dengan sering mencuci tangan memungkinkan dapat mengurangi risiko oleh karena virus terinaktivasi oleh sabun.

Secara ilmiah virus influenza termasuk virus RNA yang merupakan 3 dari 5 genera dalam keluarga Orthomyxoviridae, antara lain:
  1. Virus influenza A, virus tipe A ini merupakan patogen manusia paling virulen di antara 2 tipe virus influenza lainnya. Virus yang dapat menimbukan penyakit berat ini memiliki beberapa subdivisi berupa serotipe-serotipe termasuk flu burung dan flu babi.
  2. Virus influenza B, virus tipe B ini umumnya hanya menyerang manusia, hanya beberapa kasus menyerang binatang seperti anjing laut dan musang.
  3. Virus influenza C, penyakit yang diakibatkan oleh virus influenza C termasuk langka terjadi, meski demikian virus yang juga dapat anjing dan babi, umumnya menyerang anak-anak.

Penderita influenza dianjurkan untuk banyak beristirahat, meminum banyak cairan, serta menghindari penggunaan alkohol dan rokok. Apabila diperlukan, mengonsumsi obat seperti asetaminofen atau parasetamol dapat meredakan gejala yang mengganggu. Selain menjaga kebersihan, untuk pencegahan dapat dilakukan vaksin influenza.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel