Tetanus

Tetanus

Tetanus yang juga dikenal sebagai lockjaw adalah suatu penyakit yang disebakan oleh tetanospasmin. Tetanospasmin merupakan sejenis neurotoksin yang diproduksi oleh Clostridium tetani yang menginfeksi pada sistem urat saraf dan otot sehingga saraf dan otot menjadi kaku atau rigid.

Adalah Kitasato, orang pertama yang berhasil mengisolasi organisme dari korban manusia yang terkena tetanus serta juga melaporkan bahwa toksinnya dapat dinetralisasi dengan antibodi yang spesifik. Kata tetanus diambil dari bahasa Yunani yaitu tetanos dari teinein yang berarti menegang. Penyakit tetanus ini merupakan penyakit infeksi di saat spasme otot tonik dan hiperrefleksia menyebabkan trismus atau lockjaw, spasme otot umum, serta melengkungnya punggung atau opistotonus, spasme glotal, kejang, dan paralisis pernapasan.

Untuk menetralisir racunnya dapat diberikan immunoglobulin tetanus. Antibiotik tetrasiklin dan penisilin dapat diberikan untuk mencegah pembentukan racun lebih lanjut atau mematikan racun yang ada. Penderita dianjurkan dirawat di rumah sakit dan ditempatkan dalam ruangan yang tenang dan diberikan obet lainnya untuk mengendalikan mengendalikan kejang dan mengendurkan otot-otot. Untuk infeksi menengah hingga berat, umumnya diperlukan atau dipasang ventilator untuk membantu pernapasan. Selain itu untuk mengurangi rasa nyeri dapat diberikan kodein. Obat lainnya mengkin diberikan dalam masa perawatan medis.

Mencegah tetanus dapat dilakukan melalui vaksinasi yang diberikan sebagai bagian dari vaksin DPT (difteri, pertusis, tetanus). Namun bagi orang dewasa baiknya menerima booster.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel