Osteogenesis Imperfecta

Osteogenesis Imperfecta

Osteogenesis imperfecta adalah sejenis gangguan struktur tulang. Karena Penderita penyakit ini memiliki tulang yang mudah rusak, maka penyakit ini juga dikenal dengan nama penyakit tulang rapuh. Selain patah tulang, penderita OI terkadang memiliki kelemahan otot atau kelemahan sendi (sendi longgar), dan mereka sering kali memiliki kelainan tulang seperti skoliosis, serta pembungkukan tulang yang panjang.

Pada umumnya terdapat 4 tipe osteogenesis imperfecta, antara lain:
  1. Tipe I merupakan bentuk kondisi yang paling ringan yang umum terjadi, seperti patah tulang selama masa kanak-kanak dan remaja sering kali dikarenakan oleh trauma minor.
  2. Tipe II adalah bentuk Osteogenesis Imperfecta paling parah yang dapat mengakibatkan kematian pada bayi ditahun pertamanya.
  3. Tipe III juga termasuk memiliki gejala yang relatif parah. Dengan tulangnya yang rapuh sehingga dapat mengalami retak tulang sebelum kelahiran atau pada masa awal bayi.
  4. Tipe IV termasuk kedalam kondisi ringan dengan harapan hidup normal.

Osteogenesis imperfecta dapat diderita oleh pria maupun wanita secara setimpal. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel