Diare

Diare

Diare adalah sebuah penyakit ketika tinja atau feses seseorang berubah menjadi lembek atau cair. Penyakit yang di negara berkembang menjadi penyebab banyak kematian pada balita ini merupakan gejala dari luka, atau penyakit, maupun alergi, kelebihan vitamin C, dan atau mengonsumsi Buah-buahan tertentu dan biasanya di ikuti dengan rasa mual serta muntah pada penderitanya.

Penderita diare umumnya buang air besar secara terus menerus disertai dengan rasa mulas yang berkepanjangan, mual dan muntah, hingga dehidrasi. Adapun gejala lainnya yang dapat ditimbulkan atau dirasakan oleh penderita diare seperti pegal pada punggung dan perut sering berbunyi.

Untuk perawatan diare, penderita dimungkinkan untuk mengonsumsi banyak air minum untuk mencukupi atau menggantikan air yang hilang. Baiknya air dicampur dengan elektrolit untuk menyediakan garam yang dibutuhkan dan sejumlah nutrisi. Oralit dan tablet zinc merupakan pengobatan yang diperkirakan telah menyelamatkan 50 juta anak dari diare dalam 25 tahun terakhir.

Ada beberapa cara untuk menanggulangi penyakit yang disebabkan oleh beberapa infeksi virus atau akibat dari racun bakteria ini, antara lain:
  • Menjaga hidrasi menggunakan elektrolit yang seimbang. Meminum banyak air yang tidak diseimbangi dengan elektrolit akan mengakibatkan ketidakseimbangan elektrolit yang berbahaya.
  • Intensitas makan lebih sering namun dengan porsi yang lebih sedikit dan jangan makan atau minum terlalu cepat.
  • Apabila memungkinkan diare mengancam jiwa anak maka cairan intravenous mungkin dibutuhkan.
  • Terapi rehidrasi oral atau meminum air yang dicampur gula dan garam yang memungkinkan terserap tubuh.
  • Menjaga kebersihan dan isolasi untuk membatasi penyebaran penyakit tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel